15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

02.09 0
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Anime dapat mengubah emosi seseorang. Dapat membuat kita senang, semangat, penasaran, benci, bahkan dapat membuat kita bersedih atau terharu. Mungkin beberapa dari kalian pernah merasakan kesedihan saat menonton Anime, hal itu membuat hati kita menjadi tergerak / kasihan terhadap cerita dari Anime tadi. Anime Sedih tidak hanya membuat kita dapat menangis, tetapi juga membuat kita merasakan apa yang dirasakan karakter pada cerita tersebut. Seperti masa lalu karakter yang suram, ditinggalkan orang yang disayang, perjuangan yang berat, atau mendapatkan ending yang tidak diinginkan.
Nah Bagi kalian yang menyukai anime dengan alur cerita sedih, kaliah datang pada saat yang tepat. Karena saya akan memberikan 15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek.

15. Mirai Nikki!
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Mirai Nikki menceritakan tentang Yukiteru Amano murid SMP yang menghabiskan waktunya untuk menulis diary tentang apa yang dilakukannya sehari-hari. Suatu hari kehidupannya berubah, karena tiba-tiba saja diary itu bisa meramalkan apa yang terjadi 90 hari kedepan.
Harusnya bahagia karena mendapatkan Diary yang dapat meramalkan masa depan, tetapi bahagia itu tidak berlangsung lama karena dirinya dipaksa untuk untuk berpartisipasi dalam suatu survival game bersama 11 orang lain. Sebuah game kematian yang dibuat oleh Deus Ex Machina, God of Time and Space.
Game itu mengharuskan yang sesama perserta saling membunuh, dimana pemenang dari game itu akan menjadi Deus selanjutnya. Nah kesedihan dari anime ini terdapat dari suasananya, dimana saling bunuh membunuh sudah menjadi keharusan mereka. Darah adalah hal yang sering ditampilkan pada Anime ini. Jadi anime ini lumayan sadis lah.

14. Akame ga Kill!
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Penghianatan dan Kekecewaan terhadap pemerintah membuat Tatsumi menjadi bagian dari pemberontak terkenal bernama Night Raid. Pemerintahan ternyata tidak sebaik yang ia ketahui, ternyata pemerintahan telah menjadi "busuk" karena asisten dari Raja yang selalu menghasut.
Night Raid bertugas untuk membunuh orang pemerintahan yang melakukan kejahatan. Namun membunuh mereka tidak semudah itu, karena ada pasukan khusus yang dapat mengimbangi kekuatan Night Raid. Pertarungan pun butuh "pengorbanan" untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya.

13. Elfen Lied
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Hampir sama seperti Anime Mirai Nikki, Anime ini merupakan Anime Horror yang penuh kekerasan dan darah. Belum lagi, ceritanya sangat mengharukan dan menyentuh hari di akhir episodenya. Suasana kelam diperkuat dengan soundtrack yang mengiringi Anime ini.
Jadi Elfen Lied ini bercerita tentang Lucy, bukan seorang wanita biasa. Lucy ini memiliki 3 tangan, tetapi salah 1 tangannya transparan atau tidak kelihatan. Tangan transparannya ini panjangnya mencapai 2 meter dan bisa membunuh orang lain dengan tangannya itu.
Karena hal itu, ia dikurung disebuah tabung supaya tidak bisa kabur. Tapi suatu saat ia berhasil lolos dari kurungan itu karena kecerobohan polisi yang sedang menjaga. Oh iya, si Lucy ini ternyata berkepribadian ganda, baik dan jahat. Setelah berhasil kabur dari kurungan, Lucy terdampar disebuah Pantai sampai akhirnya ditemukan oleh pria bernama Kouta. Sejak itu Kouta mengurusnya dan memberinya nama Nyuu, Karena saat itu Lucy hanya bisa bicara Nyuu.

12. Fullmetal Alchemist : Brotherhood
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Kalo Anime satu ini lebih banyak "haru" dari perjuangan kakak beradik. Fullmetal Alchemist : Brotherhood menceritakan Edward Elric dan adiknya Alphonso Elric yang mencoba menghidupkan Ibunya kembali. Mereka melakukan larangan terbesar dalam dunia Alchemist yaitu "Human Transmutaion". Dengan Human Transmutaion ini mereka harus mengorbankan bagian tubuh mereka untuk dapat menghidupkan Ibunya kembali. 
Tapi suatu tragedi terjadi, mereka gagal menghidupkan Ibunya kembali dan Edward kehilangan salah satu tangannya sedangkan adiknya kehilangan seluruh tubuhnya. Jadi Edward memasukan Jiwa adiknya armor besi agar adiknya dapat tetap hidup.
Walaupun begitu, mereka belum putus asa dan masih bertujuan untuk menghidupkan Ibunya kembali. Tetapi sebelum itu mereka ingin berpetualang untuk mendapatkan tubuh mereka kembali.

11. Kiznaiver
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Bayangkan jika kalian dapat saling merasakan rasa sakit dengan orang lain. Dengan tujuan agar kita dapat saling merasakan penderitaan orang lain. Mungkin akan banyak agrumen dari kalian, mulai dari tidak menyukai itu dan ada juga yang menyukai hal seperti itu.
Anime Kiznaiver ini menceritakan tentang 6 remaja yang diculik untuk menjadi kelinci percobaan dari proyek "Kiznaivers". Proyek Kiznaiver ini membuat 1 remaja dengan remaja lainnya dapat saling merasakan rasa sakit, mau itu luka fisik ataupun luka perasaan. Jadi, setiap orang ini harus saling menjaga diri dan perasaan mereka agar yang lain tidak ikut merasakan penderitaan mereka.
Cerita sedih dari anime ini berasal dari kisah mereka yang sangat rumit. Belum lagi sang pemeran utama Katsuhira Agata, yang memiliki masa lalu yang kelam dan tidak memiliki emosi. Anime ini mungkin akan membuat hari kalian menjadi sedikit "Gloomy". 

10. Nagi no Asukara
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Anime sedih selanjutnya adalah Nagi no Asukara. Nagi no Asukara merupakan Anime bergenre Drama, Romance + Fantasy. Yang membuat Anime ini sedih adalah jalan cerita yang menunjukan cinta segitiga yang rumit. Belum lagi perseteruan antar dunia laut dan darat.
Nagi no Asukara menceritakan tentang Hikari, Manaka, Chisaki dan Kaname yang tinggal didalam lautan. Karena sekolah dilautan yang sudah tutup, memaksa mereka untuk melanjutkan bersekolah di daratan. Selama didaratan mereka mengenal banyak teman, walaupun sebelumnya mereka sangat susah untuk beradaptasi dengan manusia didaratan (terutama Hikari). 
Suatu hari Hikari menyadari bahwa Manaka menyukai manusia Daratan. Nah ada aturan untuk suatu hubungan, yaitu manusia Lautan tidak boleh menjalin cinta dengan manusia darat. Tetapi melihat Manaka yang seperti itu membuat Hikari ingin membantu Manaka mendapatkan Cintanya, walaupun sebenarnya Hikari juga mencintai Manaka.

9. Isshuukan Friends
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Hase Yuuki memberanikan diri untuk mencoba bertanya agar Fujimiya Kaori dapat menjadi temannya. Fujimiya ini adalah gadis pendiam dan selalu mengasingkan diri dari pergaulan. Dan saat itu mereka berdua resmi menjadi teman. Beberapa hari berlalu dan sekarang hari senin, seperti biasa Hase Yuuki menemui Kaori di atap sekolah untuk berbincang. 
Tapi Hase Yuuki langsung kaget karena tiba-tiba Fujimiya Kaori tidak mengingat dirinya. Ternyata Fujimiya ini memiliki penyakit(?) yang "ingatan" nya hilang setiap 1 minggu. Anehnya ingatan yang hilang hanya ingatan saat bersama teman. Akhirnya Hase Yuuki memutuskan berjuang agar Kaori mengigatnya setiap minggu.
Perjuangan Hase Yuuki setiap minggu yang membuat saya agak sedih dengan cerita ini. Setiap senin dia harus berkenalan dengan Kaori dari awal, dan menjadi teman. Tetapi ingatan yang hilang setiap 1 minggu tidak membuatnya putus asa. Hase Yuuki tetap berjuang agar Kaori selalu mengingat dirinya. Sedih :(

8. Byousoku 5 Centimeter
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek
Byosoku 5 Centimeter bercerita tentang Takaki Toono dan Shinohara Akari yang merupakan teman masa kecil. Mereka mempunyai hobi yang sama, yaitu membaca diperpustakaan. Setelah tamat SD, keluarga Akari memutuskan untuk pindah. Dan tempat itu sangat jauh dari Takaki Toono. Hal itu membuat mereka saling susah untuk berkomunikasi, mereka hanya sekedar berkirim surat.
Tapi suatu hari Takaki (masih umur 13tahun) memutuskan untuk bertemu dengan Akari yang tinggalnya saat jauh itu dengan menggunakan kereta api. Rencana pertemuan mereka mendapat rintangan, terjadi badai salju yang membuat kereta menjadi delay ber jam-jam. Takaki telah kehilangan harapan untuk menemui Akari, karena menurutnya Akari tidak akan menunggunya selama itu. 
Tapi setelah sampai tujuan Takaki terkejut, ternyata Akari masih menunggunya bahkan ditengah dinginnya salju. Akhirnya hari itu mereka putuskan untuk dihabiskan bersama, bahkan mereka berciuman dihari yang istimewa itu sebelum akhirnya Takaki pulang kerumah lagi. 
Seiring pertumbuhan mereka, Takaki ternyata masih mencintai Akari walaupun tidak berjumpa setelah sekian lama. Bahkan dia tidak tertarik dengan wanita lain yang padahal menyukainya. 
Nah puncak kesedihan anime ini berada pada endingnya. Dan mungkin beberapa dari kalian akan bingung tentang ending dari anime ini. Jika kalian bingung, kalian bisa mencari review anime ini untuk dapat mengerti maksud dari ending anime ini.

15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

7. Plastic Memories

15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Pada saat saya membaca judul dan sinopsis dari anime ini, saya berpikir bahwa Anime ini akan menjadi salah satu Anime Sedih. Plastic Memories jika diartikan maka akan menjadi Ingatan Plastik (Saya mengartikan sebagai "Ingatan Palsu"). Nah sudah jelas bahwa anime ini akan bermain dengan "Ingatan Palsu" seperti pada judul itu. 
Untuk latar, Anime ini mengambil pada masa depan. Dimana Android yang berbentuk seperti manusia mulai menyebar diseluruh dunia. Android bahkan memiliki emosi yang sama seperti manusia yang diberi nama Giftia. Karena hal itu, Giftia berfungsi layaknya manusia sungguhan. Ada yang memanfaatkan sebagai bodyguard, pembantu bahkan ada yang menggunakannya sebagai keluarga angkat.
Namun, Giftia ini memiliki masa kerja. Dimana ingatan atau memori dari Giftia akan dihapus dan direset ulang sehingga ingatan lama mereka akan menghilang. Nah fokus dari cerita ini terletak pada Mizugaki yang bekerja bersama Isla (seorang Giftia). Mizugaki menyukai Isla, walaupun Isla hanyalah seorang Giftia. Dan juga permasalahan utamanya adalah "Giftia memiliki masa kerja"

6. Steins;Gate
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Semua orang pasti pernah berpikir untuk kembali ke masa lalu. Nah untuk ke masa lalu, kita membutuhkan sebuah mesin waktu. Steins;Gate menceritakan tentang Okabe Rintarou, Ilmuwan yang memanggil dirinya "mad scientist". Rintarou bertujuan untuk membuat mesin waktu dengan anggota labnya Mayuri Shiina(teman masa kecilnya), Hashida Itaru(hacker) dan anggota baru Makise Kurisu. 
Penemuan mereka dalam membuat mesin waktu terjadi bertahap-tahap. Mulai dari "Future Gadget" yang bisa mengirim pesan ke masa lalu, "Phone Microwave" alat yang bisa mengirim benda ke masa lalu, tapi belum sempurna. Hingga akhirnya mereka dapat membuat penemuan yang bisa mengirim pikiran ke masa lalu.
(*Spoiler alert) Terlalu banyak bermain dengan waktu, terjadi tragedi yang membuat teman masa kecilnya Mayuri terbunuh. Okabe ingin menyelamatkan Mayuri dengan kembali ke masa lalu sebelum Mayuri terbunuh dan menghalangi pembunuhan. Tetapi walaupun berhasil menghalangi pembunuhan, Mayuri tetap mati dengan cara yang berbeda.
Perjuangan dari Okabe saat menelusuri waktu untuk menyelamatkan Mayuri inilah yang sangat sedih saat ditonton. Suasana, lagu, dan jalan cerita membuat emosi terbawa dengan perjuangan Okabe ini. Suasana "suram" dapat kita rasakan saat melihat perjuangan dia. Bahkan otak saya sampai lelah merespon perjuangan Okabe yang hebat ini.

5. Guilty Crown
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Guilty Crown merupakan rekomendasi Anime sedih selanjutnya. Singkat cerita Anime ini menceritakan tentang masa depan Jepang yang sedang dilanda Virus Apocalypse. Karena virus tersebut, negara lain berniat membantu Jepang untuk bebas dari virus itu. Alih-alih membantu, ternyata negara lain memanfaatkan kesempatan itu untuk menjajah Jepang.
Hal itu membuat beberapa orang melakukan pemberontak dan membuat kelompok bernama Undertaker. Ouma Shu secara tidak sengaja mendapat kekuatan misterius dari wanita bernama Inori, nah semenjak itu Ouma Shu dipaksa untuk bergabung bersama Undertaker. 
Hal yang membuat anime ini sedih adalah, jalan ceritanya selalu memainkan emosi penonton. Karakter yang selalu berubah sifat, membuat emosi campur aduk saat menontonnya. Dan yang paling puncaknya adalah di akhir cerita. Walaupun sebenarnya endingnya adalah Bahagia, tetapi Bahagia itu harus dibayar dengan sebuah "tragedi".

4. Ano hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

We still don't know the name of the flower we saw that day atau Ano Hana. Anime ini sudah terkenal dengan "kesedihan" dari jalan cerita anime ini. Walaupun mungkin beberapa dari kalian belum menonton anime ini, pasti sudah mendengar rumor kalo anime ini sangat sedih. Bahkan saya saja menonton anime ini karena katanya anime ini sangat sedih, bukan karena sinopsisnya dulu haha.
Anime Anohana ini menceritakan tentang persahabatan dari sekelompok anak. Tetapi suatu tragedi terjadi yang menyebabkan "Menma" salah satu dari mereka meninggal dunia. Hal itu membuat mereka menjadi terpecah belah.
Beberapa tahun kemudian saat mereka sudah mulai remaja, Jinta Yadomi bertemu dengan "arwah" Menma. Jinta bermaksud untuk membantu Menma agar tenang didunianya dengan mengabulkan permintaan Menma yang belum terpenuhi. Tetapi Jinta tidak tau apa permohonan itu, akhirnya Jinta meminta bantuan teman-teman masa lalunya. 
Berkat itu Kelompok yang terpecah belah, sekarang menjadi bersatu lagi dengan tujuan membantu "arwah" Menma. Banyak sekali kisah-kisah rumit diantara mereka, diantaranya cinta segitiga.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Kalo yang ini adalah salah satu anime sedih favorit saya. Shigatsu wa Kimi no Uso, menceritakan tentang kehidupan Arima Kousei, seorang Pianis saat kecil. Tetapi semenjak kematian Ibunya, Kosei tidak dapat bermain Piano lagi. Ia menganggap ia mendapatkan kutukan yang membuatnya tidak dapat mendengar suara Piano lagi. 
Hari-hari Kousei tanpa Piano dijalaninya dengan suasana monotone. Hari-harinya seperti abu-abu atau tanpa warna. Suatu hari Kosei bertemu dengan seorang Violinis cantik, gadis dari sekolah yang sama dengannya. Miyazono Kaori adalah Violinis yang ceria, cantik dan juga selalu semangat. Hari-hari Kousei yang monotone menjadi berwarna karena kehadian Kaori. Kousei yang awalnya telah berhenti bermain Piano, akhirnya memulai bermain lagi(akibat paksaan si Kaori). Walaupun masih belum bisa mendengar suara Piano, tapi Kousei terlihat gembira menjalani hari-hari tersebut. 
Dan satu hal yang tidak diinginkan terjadi. Hari-hari berwarna Kousei seolah kembali kemasa lalunya. Apa yang membuat itu terjadi? silahkan nonton aja, saya gak mau spoiler.
Salah satu Anime sedih terbaik yang harus kalian tonton nih.  

2. Angel Beats
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Anime sedih terbaik selanjutnya adalah Angel Beats. Anime ini berlatar pada dunia baru setelah kematian. Dimana jika seseorang mati tapi masih ada hal yang yang diinginnya yang tidak dapat dilakukan semasa hidupnya, dia akan dikirim ke dunia ini.
Otonashi seorang pria yang tiba-tiba terbangun didunia ini. Dia tidak tau dimana dan mengapa dia berada disini Tiba-tiba ia bertemu dengan seorang wanita bernama Yuri dan menjelaskab bahwa sekarang mereka berada di Akhirat. Yuri juga mengajak Otonashi untuk bergabung ke Shinda Sekai Sensen (SSS) untuk melawan Tenshi yang mereka anggap jahat.
Ini adalah salah satu anime "Paket Lengkap". Maksudnya anime ini mempunyai comedy, action, super power dan cerita sedih yang akan membuat nyesek. Komedi yang lucu sekali, aksi yang keren sekali, dan ending yang sedih sekali. Pokoknya salah satu anime wajib di tonton ini.

1. Clannad : After Story
15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek

Dan untuk yang nomor 1 adalah masterpiece dari semua anime sedih lainnya. (Mungkin) Tidak ada animelovers yang tidak kenal dengan Anime ini. Sama seperti Anohana, Anime ini dikenal dengan jalan ceritanya yang sedih. But, this anime is more sad than other anime. Siapkan 1 pack tisu buat air mata saat menonton anime ini (lebay, tapi serius).
Clannad : After Story adalah season kedua dari Anime Clannad. Pada season pertama, Anime ini lebih berfokus pada comedy dan kehidupan sekolah Okazaki Tomoya dan Furukawa Nagisa. Nah untuk yang "After Story", cerita berfokus pada perjalanan hidup mereka setelah selesai sekolah.(*sedikit spoiler) Dalam "After Story" Okazaki dan Nagisa sudah menjadi suami-istri. Mereka juga telah memiliki anak. Tetapi sebelum dan sesudah itu banyak rintangan pada kehidupan mereka, bahkan rintangan itu tidak bisa ditahan lagi oleh Okazaki. Hingga puncaknya pada saat ................ (ga mau spoiler lebih banyak)
Intinya ini adalah anime sedih terbaik yang pernah saya tonton.

Bonus :
Bonus diupdate lain waktu.


Bagaimana Rekomendasi ini? Ada favorit kalian? atau masih kurang? kamu bisa berkomentar dibawah untuk lebih lanjut.
Nah segitu dulu yang bisa saya kasi tentang 15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek ini.
Selamat bergalau ria saat menyaksikan Anime-anime diatas. 

0 Comments for "15 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Yang Bakal Bikin Nyesek"