20 Rekomendasi Anime Terbaik 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

22.13 0
20 Rekomendasi Anime Terbaik 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Kita sudah berada di penghujung tahun 2016 dan mungkin kalian ingin menonton anime terbaik 2016. Winter, Spring, Summer, Fall, setiap season anime sudah terlewati. Kebanyakan dari anime lovers pasti ingin menonton anime-anime terbaru yang belum ditonton. Nah biasanya pada bingung ingin menonton anime apa pada tahun 2016 ini? Anime terbaik 2016?
Disini saya akan memberikan kalian rekomendasi anime terbaik 2016. Apa-apa saja kira-kira anime terbaik tahun 2016 ini? Yang pastinya anime-anime ini tidak boleh kalian lewatkan. 
Yah tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita ke list rekomendasinya anime terbaik 2016!

*urutan dibawah bukan berdasarkan yang terbaik.

1. Boku Dake ga Inai Machi
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Yosh kita mulai pada season Winter, Anime terbaik 2016 dengan judul Boku Dake ga Inai Machi. Bercerita tentang artist manga berumur 29 Tahun bernama Satoru Fujinuma yang belum memulai debutnya dan akhirnya memutuskan untuk bekerja direstoran cepat saji. Satoru Fujinuma memiliki kekuatan misterius yang ia sebut "Revival". Kekuatan itu membuatnya dapat kembali 5-10 menit ke masa lalu jika akan terjadi kejadian buruk. Hal itu membuatnya dapat menyelamatkan banyak nyawa.
Suatu hari terjadi tragedi yang menyebabkan kematian ibunya. Ternyata kematian ibunya itu berhubungan dengan tragedi masa kecil Satoru, yaitu pembunuhan temannya saat SD. Hal itu membuat kekuatan Satoru (Revival) membawanya kemasa lalu saat ia SD. Satoru bertujuan untuk menyelamatkan temannya Hinazuki Kayo yang akan dibunuh demi menyelamatkan ibunya juga.


2. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Masih di Winter 2016, Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! atau biasa disebut Konosuba merupakan anime bergenre Adventure Comedy. Anime ini merupakan anime terbaik 2016 yang wajib kamu tonton, selain comedynya yang lucu, petualangannya juga seru karena berlatar seperti didunia game.
Singkat cerita, Konosuba menceritakan tentang Satou Kazuma yang mengalami kecelakaan saat perjalanan, hal itu membuatnya tewas. Lalu Kazuma terbangun ditempat gelap yang tidak ia ketahui dan bertemu dengan Dewi, Dewi itu menawarkan untuk menjalani hidup yang baru tetapi didunia yang berbeda, yaitu dunia yang mirip seperti game. Dewi tersebut bernama Aqua. Aqua juga menawarkan Kazuma 1 kekuatan apa saja yang akan dibawa olehnya kedalam dunia itu.  Tetapi Kazuma tidak memilih kekuatan apapun untuk dibawanya kedunia itu, melainkan membawa Aqua untuk dibawanya kedalam dunia itu. Karena suatu aturan Aqua tidak dapat menolak permintaan itu. Dan akhirnya mereka memulai petualangan didunia baru tersebut.

3. Hai to Gensou no Grimgar
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Tahun 2016 anime dengan bertema game sangat banyak dijumpai. Salah satunya Hai to Gensou no Grimgar yang masuk dalam kategori anime terbaik 2016, anime ini bercerita tentang Haruhiro yang tiba-tiba saja terbangun di dunia yang tidak ia kenali. Bahkan ingatannya juga hilang, satu-satunya yang dia ingat adalah namanya.
Didunia itu mereka harus bertahan hidup dengan cara memburu monster, layaknya game. Haruhiro membentuk kelompok bersama Manato, Yume, Mogzo, Ranta dan Shihoru agar lebih mudah untuk memburu monster. 
Selain jalan cerita yang menarik, Hai to Gensou no Grimgar juga memiliki "Art" yang unik dari animenya. Berbeda dengan anime pada umumnya, "Art" pada anime ini lebih seperti lukisan, memiliki banyak warna dan yang jelas membuat mata segar.

4. Musaigen no Phantom World
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Lanjut, masih di Winter 2016. Musaigen no Phantom World, Bagi kalian yang menyukai anime Supernatural mungkin ini akan cocok untuk kalian. Anime ini bergenre Supernatural dan Fantasy di tambah dengan Action dan Comedy membuat jalan cerita semakin menarik.
Bercerita tentang Haruhiko Ichijou dan Mai Kawakami pembasmi "Phantom" (seperti hantu / youkai). Mereka berdua ditugaskan untuk membasmi "phantom" yang berkeliaran dan merasuki. Dibantu oleh Izumi Reina, Koito Minase dan Kurumi, mereka bersatu membentuk kelompok untuk membasmi segala macam "Phantom:.

5. Ajin
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Winter 2016 - Ajin adalah sebutan untuk Manusia Abadi (Tidak bisa mati). 17 tahun yang lalu mereka muncuk di Afrika dalam medan perang. Sejak itu, beberapa dari mereka berbaur dengan masyarakat manusia. Kini mereka sangat langka dan untuk suatu tujuan percobaan, pemerintah akan memberi hadiah bagi siapa saja yang berhasil menangkap Ajin.
Suatu hari siswa SMA bernama Kei Nagai menyadari bahwa ia adalah Ajin atau Manusia Abadi setelah ditabrak truk. Dia menjadi orang yang sangat dicari karena Ajin dianggap penjahat, dan pemerintah juga ingin memburunya.
Nah untuk kalian yang suka anime Horror, mungkin ini akan cocok untuk kalian. Tidak hanya jalan ceritanya yang menakutkan, tetapi gambar dari Anime ini "3D" (seperti kartun2 pixar dll) membuat anime ini menjadi lebih Horror yang cocok saya masukan kedalam anime terbaik 2016.

6. Dagashi Kashi
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Nah kalo anime ini cocok untuk mengisi waktu luang atau refreshing. Bergenre Slice of Life + Comedy, ceritanya ringan, dan tiap karakter menyenangkan saat ditonton :3.
Anime ini berlatar pada pedesaan di Jepang. Dipedesaan tersebut berdiri sebuah Toko Manis yang menjual aneka snack dan sudah berdiri selama 9 generasi. Shikada Kokonotsu akan menjadi pewaris berikutnya, tetapi Kokonotsu menolak karena ingin menjadi Mangaka.
Namun, mungkin semua akan berubah karena kedatangan wanita eksentrik bernama Hotaru Shidare. Hotaru sebenarnya mencari ayah dari Kokonotsu dengan tujuan untuk membawanya ke perusahaan ayahnya Shidare Corporation, sebuah produsen permen terkenal di dunia. Awalnya ayah dari Kokonotsu menolak, tetapi akan menyetujuinya jika Kokonotsu bersedia menjadi pewaris toko manis 9 generasi itu. Gimana kira-kira pilihan kokonotsu?

7. Re:Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Lanjut ke Spring ,Anime terbaik 2016 pada season spring dimulai dengan anime Re:Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu yang sempat booming di tahun 2016 karena ceritanya yang menarik dan banyak yang saling adu waifu di anime ini :v.
Cerita dimulai ketika Natsuki Subaru sedang dalam perjalanan menuju rumah setelah dari supermarket. Ntah bagaimana caranya, tiba-tiba saja Subaru berada didunia lain atau dunia pararel, yang mirip dengan game mmorpg. 
Saat tidak tau akan tujuannya, Subaru dicegat oleh 3 preman dan bermaksud untuk merampas barang berharganya. Disitu Subaru bertemu dengan Emilia, wanita berambut perak dan menyelamatkannya dari 3 orang tadi. Karena kejadian itu, Subaru merasa berutang budi pada Emilia, dan berniat untuk mengikuti Emilia dan membantunya untuk mencari harta Emilia yang hilang. Disitulah petualangan mereka dimulai.
Oh iya, Subaru nanti menyadari bahwa ia mempunyai kekuatan seperti "respawn". Kekuatan itu akan aktif saat Subaru mati, dan akan hidup lagi di "checkpoint".

8. Boku no Hero Academia
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Spring 2016 lagi dengan Anime berjudul Boku no Hero Academia. Anime ini bercerita tentang Midoriya izuku yang sejak kecil bercita-cita menjadi seorang Super Hero seperti idolanya "All Might". Tetapi Izuku tidak memiliki kekuatan untuk menjadi Super Hero, ia tidak menyerah walaupun sangat lemah, bahkan saat temannya sedang dalam bahaya, Izuku membahayakan dirinya untuk menyelamatkan temannya.
Suatu hari ia sedang diserang oleh musuh, dan Super Hero Idolanya All Might datang untuk menyelamatkannya. Saat itu All Might mengetahui ambisinya untuk menjadi Super Hero dan memberinya kekuatan "All Might". Tetapi Izuku belum bisa sepenuhnya memiliki kekuatan tersebut, dan butuh banyak berlatih untuk dapat menggunakannya dengan baik. 
Btw, ini salah satu anime terbaik tahun 2016 favorit mimin. :3

9. Koutetsujou no Kabaneri
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Masih di Spring, Anime terbaik 2016 dengan Anime berjudul Koutetsujou no Kabaneri. Menceritakan tentang dunia pada masa kemajuan industri. Tiba-tiba monster raksasa muncul dan mengancam kehidupan manusia. Monster ini hanya dapat dikalahkan dengan menyerangnya tepat dijantungnya yang dilindungi oleh lapisan besi. Jika ada manusia yang digigit oleh monster ini maka dia akan menjadi mayat hidup yang disebut sebagai "Kabane". 
Disuatu pulau yang terletak jauh diarah timur, orang-orang membangun statisun sebagi benteng tempat perlindungan dari para monster. Stasiun ini dapat dicapai dengan alat transportasi bertenaga uap bernama Hayajiro. Ikoma, merupakan laki-laki yang tinggal distasiun tersebut dan membantu dalam pembuatan Hayajiro. Selain itu ia juga menciptakan senjata Tsuranukizutsu untuk mengalahkan para monster. Suatu malam saat Ikoma akan menemui Mumei ia melihat Hayajiro yang tak terkendali, dan ternyata para staf sudah menjadi "Kabane" atau mayat hidup. Akhirnya Stasiun itu diserang oleh para monster, dan itu juga kesempatan untuk mencoba senjata buatannya.

10. Sakamoto Desu ga?
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Sakamoto desu ga? merupakan anime bergenre Comedy + School. Anime Spring 2016 ini menceritakan tentang keseharian Sakamoto dikehidupan baru sekolahnya. Sakamoto merupakan laki-laki yang sempurna bagi kalangan wanita di sekolahnya. Tampan, pintar, atletis, bahkan tidak ada kekurangan pada Sakamoto. Walau begitu, kesempurnaannya itu membuat para pria iri kepadanya. Bahkan preman-preman sekolah selalu berniat menjahilinya. Tetapi Sakamoto dapat melawannya dengan Cool dan Lucu.
Salah satu anime comedy 2016 yang wajib kalian tonton. Apalagi jika kalian suka anime comedy berlatar sekolahan, maka yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan.

20 Rekomendasi Anime Terbaik 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

11. Sousei no Onmyouji
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Masih di spring 2016 dengan anime Sousei no Onmyouji. Anime ini menceritakan tentang monster aneh yang dikenal dengan "Kegare" atau kenajisan yang berada di "Magano"(Alam para monster). Exorcist / pengusir setan bertugas untuk memurnikan makhluk jahat itu untuk melindungi masyarakat. 
Rokuro Enmado seorang pria yang memiliki bakat untuk menjadi Exorcist, tetapi Rokuro tidak mau menjadi Exorcist. Hal tersebut karena ia pernah mengalami trauma pada masa kecilnya saat sedang memurnikan makhluk jahat. Suatu saat Rokuro mungkin menemui takdirnya, ia ditunjuk menjadi "Twin Star Exorcist" yaitu nama untuk pasangan Exorcist yang sangat hebat. Pasangan? iya, Rokuro dijodohkan dengan gadis bernama Benio Adashino untuk menikah agar dapat menjadi "Twin Star Exorcist". Bagaimana kira-kira kelanjutan kisah mereka? langsung aja tonton gan anime terbaik 2016 ini.

12. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Terakhir dari Spring 2016 nih. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge menceritakan tentang laki-laki SMA yang bernama Tanaka. Tanaka ini sangat-sangat malas untuk melakukan sesuatu, ia lebih suka tidur dibandingkan melakukan kegiatan. Bahkan disaat-saat tertentu Tanaka dibantu temannya Oota yang rela menggendong Tanaka jika ketiduran ditaman atau lapangan. 
Nah kisah kemalasan Tanaka dan teman setianya Oota membuat anime ini tidak membosankan. Ditambah comedy dan karakter wanita yang menarik membuat anime ini bisa ditonton untuk refreshing atau menghilangkan rasa penat. Karena anime ini bersifat santai dan ringan saat ditonton.

13. ReLIFE

20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Dari Spring sekarang kita beranjak ke Summer 2016. Anime terbaik 2016 pada summer pertama dengan judul ReLIFE. Anime ini menurut saya adalah anime terbaik saat Summer. Pertama karena dalam 1 hari semua episodenya sudah dapat ditonton saat itu. Lalu konsep cerita anime ini juga beda dari yang lain. Anime ini bergenre School, Romance dan Slice of Life, tapi dibumbui sedikit sci-fi(?)
Anime ini bercerita tentang Arata Kaizaki pria 27 tahun yang dipecat dari pekerjaannya dan di anggap pecundang oleh sekelilingnya. Suatu hari ia bertemu Ryou Yoake, anggota dari "Relife Research Institure" dan memberikan kesempatan pada Arata untuk memperbaiki hidupnya dengan bantuan pil misterius. Tanpa berpikir panjang, Arata langsung menerima tawaran itu dan meminum pil tersebut. Keesokan paginya ia terbangun dan terkejut karena tubuhnya kembali menjadi seperti saat berusia 17 tahun.
Ternyata hal itu disebabkan oleh pil yang ia minum semalam. Dan juga itu merupakan bagian dari eksperimen dari "Relife Research Institute" untuk membuat hidupnya lebih baik. Eksperimen itu mengharuskan Arata kembali bersekolah SMA selama 1 tahun. Walaupun ada sedikit masalah pada hari pertama, tapi lama-kelamaan Arata mulai terbiasa dengan kehidupan sekolah. Tapi apa sebenarnya tujuan dari eksperimen itu?

14. Mob Psycho 100
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

DiSummer 2016 ini juga ada anime karangan dari creator One Punch Man. Mob Psycho 100 menceritakan tentang Kageyama Shigeo atau biasa di panggil "Mob". Mob merupakan siswa kelas 8 dan mempunyai kekuatan Psikis. Dia bisa membengkokan sendok, mengangkat benda dan kekuatan psikis lain saat usianya masih sangat muda. Tapi sekarang ia perlahan menahan kekuatan psikisnya didepan umum, karena sering mendapat perhatian negatif dari orang sekitar. Sekarang tujuan satu-satunya adalah untuk mendekati gadis di kelasnya, Tsubomi. Tapi semua itu tidak berjalan baik, karena banyak kejahatan yang harus dibasminya.

15. Orange
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Masih di Summer Anime terbaik 2016, sekarang anime Drama + romance berjudul Orange. Anime Orange diadaptasi dari Manga, Orange sangat populer sampai-sampai sebelum dibuat anime sudah dibuat versi live-action dari manga Orange ini.
Orange menceritakan tentang Naho Takamiya yang suatu hari menerima Surat dari dirinya yang berada dimasa depan (10 tahun dimasa depan). Surat itu menyatakan bahwa dirinya mengalami banyak penyesalan dan ingin memperbaiki semua itu agar masa depannya menjadi lebih baik, terutama tentang Kakeru, teman mereka. Didalam surat mengatakan bahwa 10 tahun mendatang Kakeru sudah tidak bersamanya lagi karena telah meninggal. Dan hal itulah banyak penyesalan Naho yang harus di perbaiki.


16. Amaama to Inazuma
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Masih di Summer 2016 dengan Anime berjudul Amaama to Inazuma. Anime ini menceritakan tentang Kouhei Inuzuka seorang guru yang merawat anak perempuannya sendirian setelah kematian Istrinya. Dia tidak pandai memasak, sehingga putinya Tsumugu sering memakan makanan instan yang dibeli di supermarket. Suatu saat, Kotori anak dari seorang pemilik restoran sekaligus murid dari Inuzuka meminta bantuan Inuzuka untuk sering datang ke restorannya. Hal tersebut karena restoran tersebut sudah tidak beraktifitas karena Ibunya yang sibuk dengan pekerjaan lain. Jadi Kotori meminta Inuzuka-sensei sering mengunjungi untuk memasak bersama direstoran itu agar restoran itu tidak berhenti beraktifitas. Akhirnya mereka bertiga mulai sering bertemu dan memasak makanan lezat bersama-sama.
Anime ini cocok untuk refreshing dari rasa penat. Ceritanya ringan + banyak hikmah dari anime ini wkwk. Dan bagi yang suka karakter imut-imut, coba aja nonton anime ini :)

17. Handa-kun
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Terakhir di Summer 2016 dengan Anime berjudul Handa-kun. Tapi sebelum kalian menonton anime ini, kalian harus menonton Anime "Barakamon" terlebih dahulu. Mengapa? karena anime ini menceritakan masa sekolah dari tokoh utama dari Anime "Barakamon".
Sei Handa mengira dirinya adalah siswa paling dibenci disekolahnya. Padahal, sebenarnya ia sangat populer, dihormati karena keahlian kaligrafinya, penampilan keren, dengan kepribadian dingin. Namun karena kesalahpahaman, Handa memandang penggemarnya sebagai pembully. Akhirnya Handa memutuskan untuk mengurung diri dari teman-teman sekolahnya.
Walaupun begitu teman-teman tetap menyanjungnya, bahkan mendapatkan penggemar, dan adapula yang membuat club khusus untuk penggemar Handa.
Konsep dari Anime ini hampir mirip dengan anime "Sakamoto Desu ga". Anime ini memfokuskan comedy dari kepolosan karakter Handa saat sekolah.

18. Drifters

20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Yosh, lanjut ke Fall 2016 dengan Anime Drifters.
Shimazu Toyohisa sedang berada dalam pertempuran Sekigahara, dia berhasil melukai Li Noamasa, namun dia pun juga terluka parah. Dia berjalan sempoyongan dengan tubuh berlumuran darah berniat untuk mundur dari medan tempur. Namun dia justru mendapati dirinya dibawa ke sebuah lorong berpintu tak terbatas, di sana ia bertermu seorang laki-laki misterius di balik sebuah meja kerja. Orang tersebut bernama Murasaki, ia mengirim Toyohisa menuju pintu di dekatnya, dan saat tersadar, Toyohisa sudah berada di dunia lain. Di sana ia bertemu dengan ksatria besar seperti dirinya yang juga dibawa oleh Murasaki, dan mereka menjadi suatu kelompok yang dikenal dengan nama Drifters.

19. Yuri!!! on Ice
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Yuri on Ice!!! bercerita tentang Yuuri Katsuki, yang membawa semua harapan Jepang di pundaknya untuk menang di Grand Prix Finale kompetisi ice skating tetapi mengalami kekalahan. Dia kembali ke rumahnya di Kyushu dan dia bimbang karena ingin pensiun, atau terus melanjutkan ice skating. Dengan perasaan campur aduk berputar di dalam dirinya, ia memutuskan sementara untuk tinggal rumah orang tuanya.


20. Occultic;Nine
20 Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Oke terakhir, Occiltic;Nine anime fall 2016. Menceritakan tentan "Paranormal Science" yang berfokus pada 9 orang aneh yang saling terhubung melalui blog okultis "Choujou Kagaku Kirikiri Basara" yang dikelola oleh siswa SMA bernama Gamon Yuuta. Keganjilan-keganjilan kecil yang terjadi pada 9 orang ini akhirnya mengarah ke sesuatu yang besar, kejadian tak terduga yang mengubah pemikiran akal sehat didunia ini.

Bagaimana rekomendasi Anime terbaik tahun 2016 ini? Masih kurang? Atau ingin menambahkan Anime Terbaik 2016 lainnya?
Anda dapat berkomentar dibawah untuk lebih lanjutnya lagi.
Yosh, dengan ini berakhir sudah artikel tentang 20 Rekomendasi Anime Terbaik 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan ini. Semoga dapat bermanfaat.

0 Comments for "20 Rekomendasi Anime Terbaik 2016 Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan"