Apa itu Otaku dan Weeaboo? Berikut Penjelasannya!

10.17 0
Apa itu Otaku dan Weeaboo? Berikut Penjelasannya!

Kalian pasti tidak asing dengan kata "Otaku" atau "Weeaboo". Kata Otaku atau Weeaboo ini biasanya dilontarkan atau sebagai julukan untuk orang lain. Tidak sedikit juga orang yang menganggap dirinya itu Otaku ataupun Weeaboo. Tapi sebenarnya mereka tau gak sih apa arti sebenarnya dari Otaku dan Weeaboo ini?
Nah bagi kalian yang selalu menanggap diri kalian Otaku dan Weeaboo, lebih baik baca penjelasan tentang pengertian Otaku dan Weeaboo ini. Supaya kalian tidak salah tanggap dengan kata-kata diatas.


1. Otaku
Apa itu Otaku dan Weeaboo? Berikut Penjelasannya!

Pertama kita akan membahas "Otaku". Apa itu Otaku?
Menurut Wikipedia, Otaku adalah Istilah Bahasa Jepang untuk orang yang benar-benar menekuni hobinya. Nah kata Otaku mulai populer diluar Jepang pada tahun 1990 untuk menyebut penggemar berat Anime atau Manga.
Tapi ada juga yang menyebut Otaku adalah sebutan untuk orang yang Anti Social. Atau orang yang tidak punya kehidupan social, jarang bergaul, bahkan lebih gemar mengurung diri dirumah (hikkikomori).
Sekarang ini sebutan Otaku tidak hanya mengarah kepada penggemar Anime dan Manga saja.  Tapi Otaku sekarang menjurus ke berbagai macam jenis hobi. Nah berikut adalah beberapa jenis Otaku yang paling populer.
1. Anime Otaku : Atau orang yang sangat gemar menonton anime, bahkan mengoleksi banyak film-film atau dvd anime.
2. Manga Otaku : Orang yang gemar membaca manga dan juga mengoleksi manga.
3. Figure Otaku : Orang yang mengoleksi Figure dari suatu karakter manga, anime, game, film dan karakter fiksi lainnya.
4. Cosplay Otaku : Orang yang suka melakukan Cosplay (berpakaian sesuai dengan karakter suatu anime,manga,film,game dll)
5. Pasocon Otaku : Otaku yang gemar dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer.
6. Idol Otaku : Otaku yang gemar dengan Idol (artis, penyanyi, dancer, atau orang terkenal yang disebut idol)
7. Maid Otaku : Biasa dikenal dengan meidosuki. Orang ini sangat suka berpakaian seperti Maid / Pelayan.
Dan masih banyak jenis Otaku lainnya yang berhubungan dengan Hobi masing-masing.



2. Weeaboo
Apa itu Otaku dan Weeaboo? Berikut Penjelasannya!

Nah sebelum membahas Weeaboo kita akan membahas Wapanese terlebih dahulu. Karena Weeaboo dan Wapanese ini saling berhubungan.
Apa itu Wapanese?
Wapanese adalah orang yang bertingkah laku seakan dia tinggal di Jepang, padahal tidak. Bahkan mereka sering mengaku-ngaku terlahir di Jepang dan bicara seolah dia adalah orang Jepang.
Nah Kalo Weeaboo apa?
Weeaboo adalah seseorang yang sangat terobsesi dengan negara Jepang, bahkan budayanya juga. Mereka bertingkah laku seakan-akan tau segalanya tentang Jepang. Weeaboo ini selalu memuja-muja negara Jepang, bahkan ia sering menghina negaranya sendiri dan membandingkannya dengan negara Jepang. 
Berikut beberapa Ciri-ciri seorang Weeaboo :
1. Sering ngomong + chating dengan menggunakan bahasa gabungan dengan Jepang. Contoh : "Konichiwa, nama saya Sugiono desu!" atau "Kamu itu Baka, Daikirai desu!
2. Selalu menggunakan nama profil suatu akun atau sosmed Jejepangan. Contoh : "Uchiha Sugiono Nico Nico" atau "Takanashi Jepri"
3. Sering membandingkan Jepang dengan negaranya (memuji-muji Jepang). Contoh : "Indonesia itu negara yang ga bakalan maju, coba contoh seperti Jepang sana"
4. Bercita-cita tinggal di Jepang atau ingin pindah ke Jepang. 
5. Akan marah jika negara Jepang di ejek, padahal negara orang.
6. Terobsesi belajar bahasa Jepang dan berharap dia bisa lancar berbahasa Jepang.
7. Cenderung lebih suka dengan musik Jepang, bahkan tidak menyukai musik selain musik Jepang.
8. Berharap mempunyai pacar orang Jepang. Walaupun itu cuma harapan doang.
Dan lain-lain yang berhubungan "mendambakan Jepang".

Apa bedanya Otaku dan Weeaboo?
Nah biasanya orang banyak keliru dalam membedakan Otaku dan Weeaboo ini. Hanya karena suatu orang menyukai Anime, akan dikatakan Otaku atau Weeaboo. Padahal Otaku dan Weeaboo sebuatan untuk seorang yang "Fanatik". Otaku sebutan untuk fanatik terhadap hobi. Sedangkan Weeaboo sebutan untuk orang yang fanatik terhadap Jepang.
Ini beberapa contoh perbedaan Otaku dan Weeaboo:
- Otaku sangat menggemari hobinya, misalkan hobi Anime. Maka Otaku itu akan mengoleksi banyak dari serial Anime. Sedangkan Weeaboo, menyukai Anime karena hal itu berhubungan dengan Jepang, biasanya Weeaboo akan membandingkan Anime dengan Kartun luar, dan akan marah jika Anime disamakan dengan Kartun luar. Contoh Anime = Kartun, maka Weeaboo akan marah.
- Otaku fanatik terhadap hobi, Weeaboo fanatik terhadap Jepang.


"Apakah jika hanya menonton Anime kita dapat dikatakan Otaku atau Weeaboo?"
Jawabannya tentu saja tidak!
Karena Otaku hanya sebutan untuk seorang yang fanatik terhadap hobinya, jadi jika kamu fanatik terhadap Anime, kamu baru dapat dikatakan Otaku. Sedangkan Weeaboo sebutan fanatik terhadap Jepang, jadi jika hanya menonton atau menyukai anime tidak akan membuatmu menjadi Weeaboo.

"Saya sangat menyukai Jepang, apakah saya disebut Weeaboo?"
Jawaban: Tergantung, jika kamu hanya sekedar menyukai Jepang, tentu saja tidak akan disebut weeaboo karena juga banyak orang yang menyukai negara ini. Tetapi Weeaboo ini lebih dari sekedar menyukai Jepang, tetapi memuja-muja Jepang.

Intinya sih begini aja, jika kalian menyukai sesuatu.. janganlah terlalu fanatik atau berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidak baik. 
Nah dengan ini berakhir sudah artikel tentang Apa itu Otaku dan Weeaboo? Berikut Penjelasannya!.
Gimana? udah mengerti penjelasan tentang arti Otaku dan Weeaboo? atau ternyata anda adalah Otaku atau Weeaboo?

0 Comments for "Apa itu Otaku dan Weeaboo? Berikut Penjelasannya!"