Apa itu Tsundere, Yandere, Dandere, dan Kuudere dalam Anime?

02.43 0


Choco Tales - Bagi kalian yang sering nonton anime pasti pernah mendengar kata tsundere, yandere, dandere dan kuudere. Istilah ini lebih seperti julukan untuk berbagai sifat saat jatuh cinta. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui makna atau arti dari istilah diatas. Tapi mungkin banyak juga yang belum tau. Nah untuk kalian yang ingin mengetaui arti-arti dari tsundere, yandere, dandere, dan kuudere maka baca aja tulisan saya ini. Di jamin bakal ngerti sekarang.

#Dere-dere (デレデレ)
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tsundere dan lainnya, pertama kita harus memahami kata "dere-dere" terlebih dahulu. Karena setiap istilah dari tsundere,yandere,dandere dan kuudere mengambil dari kata "dere-dere" ini. 
Apa sih "dere-dere" ini? sebenarnya tidak ada artian yang pas untuk bahasa indonesianya, tetapi untuk lebih tepatnya "dere-dere" ini adalah sifat yang muncul saat sedang jatuh cinta atau timbul kasih sayang didalam diri si "dere-dere" ini.  Ya kurang lebih seperti itu lah. 

Oke langsung aja ke point utama kita!!

1. Tsundere
Tsundere adalah perubahan sikap seseorang yang dari awalnya kasar,cuek,dingin yang perlahan-lahan menunjukan sisi hangatnya atau baiknya. Tsundere(ツンデレ) berasal dari kata tsun-tsun(ツンツン) yang berarti membuang muka / bersifat acuh / dingin dan kata dere-dere(デレデレ) yang berarti menjadi jatuh cinta atau penuh kasih sayang.
Jadi biasanya orang yang disukai oleh sifat Tsundere ini, biasa merasa bahwa dirinya dibenci oleh si Tsundere ini. Padahal si Tsundere ini malu-malu untuk mengungkapkan rasa suka nya. Nah untuk karakter anime dengan sifat Tsundere biasanya terdapat pada anime bergenre romance, comedy, shoujo. Tapi bukan berarti anime bergenre lain tidak mempunyai karakter bersifat Tsundere ini. 
Untuk contoh karakter anime bersifat Tsundere contohnya adalah "Kirisaki Chitoge" pada anime "Nisekoi" seperti gambar diatas.

Nah pada serial Anime, Tsundere dimunculkan dengan berbagai macam karakteristik. Berikut contohnya :

  • Tsundere Natural : Untuk tsundere natural biasanya muncul karena sifat bawaan dari karakter yang pemalu. Tsundere jenis ini sering merasa cemas akan sesuatu, apalagi bersangkutan dengan orang yang disukainya.
  • Tsundere Narsisme : Lalu untuk tsundere narsisme muncul karena sifat "narsis" sang karakter. Tsundere jenis ini biasanya tidak suka menerima kritik atau opini orang lain.
  • Tsundere Ojou : Tsundere Ojou muncul karena bawaan dari lingkungannya yang superior atau mewah. Biasanya tsundere ini adalah keluarga dari orang kaya. Jadi tsundere jenis ini terlihat susah untuk didekati walaupun sebenarnya ingin didekati.
  • Tsundere Pragmatis : Tsundere jenis ini dipengaruhi oleh sifat "pragmatis" yaitu selalu serius menanggapi sesuatu. Dan biasanya memiliki selera humor yang rendah. Tetapi jika sifatnya yang serius menjadi sikap yang lembut maka akan muncul aura dari moe tsunderenya.
  • Deviant Tsundere : Deviant Tsundere bisa dikatakan berbahaya dari yang lain. Karena fase yang dilewati untuk menjadi tsundere dapat mengancam kehidupan karakter lain. Biasanya deviant tsundere dilalui oleh karakter jahat yang menyukai kekerasan daripada perasaan.
  • Extrovert Tsundere : Nah untuk yang ini muncul dari karakter yang riang, ceria, banyak tingkah atau yang disebut extrovert. Tsundere ini bisa dibilang memiliki sifat kekanak-kanakan atau jahil.
  • Introvert Tsundere : Introvert sudah pasti kebalikan dari Extrovert. Yang berarti tsundere jenis ini muncul dari sifat yang pendiam, tidak suka keramaian, intinya memiliki sifat tertutup atau introvert. Tsundere jenis ini bisa terjadi perubahan menjadi "Dandere"



2. Yandere

Selanjutnya adalah Yandere. Yandere(ヤンデレ) berasar dari kata Yanderu(病んでる) yang berarti "kelainan mental atau emosi" dan Dere-dere yang artinya "dimabuk cinta". Tokoh Yandere biasanya memiliki mental yang tidak stabil atau tidak waras sehingga sering menggunakan kekerasan untuk meluapkan emosinya.  Jadi Yandere sebenarnya adalah orang yang baik,peduli, dan ramah kepada seseorang tetapi karena perasaan cinta, setia yang terlalu berlebihanndapat  membuatnya menjadi kasar dan overprotektif kepada pasangan. Bahkan ekstrimnya lagi si Yandere ini rela melakukan apa saja agar pasangannya tidak didekati oleh orang lain, bisa berupa kekerasan, hingga pembunuhan. Mungkin Yandere ini bisa dibilang seperti Psikopat yang sedang jatuh cinta?
Nah untuk contoh karakter anime dengan sifat Yandere adalah "Yuno Gasai" dari Anime "Mirrai Nikki" seperti pada gambar diatas.

3. Dandere

Dandere(ダンデレ) berasal dari kata "Danmari" yang artinya pendiam, dan kata "dere-dere" yang artinya "dimabuk cinta". Jadi Dandere ini adalah orang yang pendiam, pemalu dan tidak banyak tingkah laku, tetapi perlahan menunjukan sisi manis dan romantisnya saat sedang jatuh cinta. Dan tak jarang juga si Dandere ini adalah orang yang anti social karena sifat pendiam dan malu-malu nya yang membuatnya canggung saat bersama orang lain.
Untuk contoh karakter anime dengat sifat Dandere ini saya ambil dari anime "Clannad" yaitu Furukawa Nagisa, seperti Gif diatas!

4. Kuudere

Terakhir Kuudere(クーデレ). Kuudere ini hampir mirip dengan Dandere. Jika Dandere didasari sifat pendiam dan pemalu maka Kuudere didasari oleh sifat dingin dan cuek. Kata Kuudere berasal dari kata cool (bahasa inggris) yang dibaca "Kuuru" dan dere-dere yang artinya "dimabuk cinta". Jadi lebih tepatnya Kuudere ini adalah orang yang memiliki sifat dingin, cuek atau acuh tak acuh, tetapi sifat itu perlahan berubah menjadi perasaan hangat, baik dan menunjukan aura manisnya. Orang yang memiliki sifat Kuudere ini awalnya memang sulit untuk didekati, tapi saat sudah saling mengenali maka akan sangat susah untuk melepasnya hahaha. Contoh untuk karakter anime bersifat "Kuudere" ini saya ambil dari anime "Hai to Gensou no Grimgar" yaitu "Merry" seperti Gif diatas.


Yoshh! bagaimana sudah mengerti penjelasan tentang Tsundere, Yandere, Dandere dan Kuudere ini?
Apakah kalian ingin memiliki pasangan dengan salah satu sifat diatas? 
Ya begitulah jika orang sedang "dere-dere" (dimabuk cinta), dapat merubah sifat seseorang menjadi lebih baik dan lebih "kawai" (?) hahaha
Dengan ini berakhirlah artikel tentang  Apa itu Tsundere, Yandere, Dandere, dan Kuudere dalam Anime? ini, semoga bermanfaat :)

0 Comments for "Apa itu Tsundere, Yandere, Dandere, dan Kuudere dalam Anime?"