Apa itu OVA, OAD dan ONA dalam Anime? Berikut Penjelasnya!

07.45 0

Bagi kalian yang sering menonton anime pasti pernah menjumpai salah satu episode dari anime tersebut bertuliskan OVA, OAD ataupun ONA. Episode OVA, OAD dan ONA tersebut bisa saja kita jumpai pada sebelum suatu anime itu rilis, atau setelah anime itu tamat. Namun anime dengan episode OVA,OAD dan ONA juga biasa muncul beriringan dengan berjalannya anime series, biasanya dengan judul dengan menggunakan tanda "koma" (contoh : Hyouka Episode 11,5 (OVA)).

Kalian pasti pernah bertanya-tanya apa sih arti dari anime episode OVA,OAD atau ONA itu?. Padahal biasanya anime-anime permusim itu memiliki 12 / 24 episode tergantung dari jalan cerita anime tersebut. Mengapa mereka menambahkan episode tambahan seperti OVA, OAD maupun ONA ini?
Nah semua itu pasti memiliki alasannya masing-masing. Karena setiap anime ini memiliki jalan cerita yang unik dan berbeda. Untuk lebih jelasnya akan saya ulas satu persatu pengertian serta penjelasan tentang OVA, OAD dan ONA. Berikut Penjelasannya.


1. OVA
Pertama kita akan membahas pengertian serta penjelasan OVA. Dahulu sebenarnya nama OVA sebenarnya adala OAV, namun karena banyak yang salah paham dengan OAV (OAV jadi seperti Original Adult Video) jadi kata OAV ini diubah menjadi OVA.

OVA adalah singkatan dari Original Video Animation, jadi OVA ini adalah episode tambahan dari suatu serial anime yang dipublikasikan melalui format video, tanpa dipublikasian oleh Televisi/TV terlebih dahulu. Karena memiliki format Video, episode OVA biasanya dijual beriringan dengan manga dari anime itu. Hal itu bertujuan agar dapat meningkatkan penjualan manga. Selain itu bisa juga dijual beriringan dengan Game, Novel, Promosi dan lain-lain.

Cerita dari episode OVA ini juga beragam. Ada yang sejalan dengan jalan cerita aslinya, ada pula yang keluar dari jalan cerita dari animenya. Untuk OVA dengan jalan cerita yang sama dengan aslinya, biasanya bertujuan untuk mengisi waktu delay antar season sekaligus menjaga minat atau antusias dari para penggemar. Sedangkan OVA yang jalan ceritanya berbeda / keluar dari cerita aslinya biasanya bertujuan promosi atau mengetahui / mengecek seberapa besar minat penggemar pada anime itu.
Berikut beberapa contoh Anime Episode OVA / Original Video Animation :


2. OAD
Setelah selesai kita membahas OVA, sekarang saya akan membahas pengertian dan penjelasan OAD. OAD ini sebenarnya sama dengan OVA, atau dapat dibilang OAD adalah bagian dari OVA. Jadi OAD adalah singkatan dari Original Anime DVD. OAD adalah Anime OVA dalam bentuk kaset VCD maupun DVD.
Apa itu OVA, OAD dan ONA dalam Anime? Berikut Penjelasnya!

OAD inilah anime OVA yang biasanya dijual beriringan dengan manga atau light novel tadi. Ya tujuannya sama seperti penjelasan pada OVA tadi. Ada yang untuk Promosi, meningkatkan minat penggemar, menaikan trafik penjualan manga, dan lainya. Ya untuk OAD penjelasannya hanya cukup segini saja. :)

3. ONA
OVA sudah, OAD juga sudah, sekarang saya akan membahas ONA. ONA ini mungkin adalah kebalikan dari OAD. Jika format OAD berbentuk CD, maka ONA ini berbentuk web video. ONA adalah singkatan dari Original Net Anime, jadi anime ONA adalah anime yang tidak disiarkan di TV dan juga tidak dalam bentuk kaset CD, melainkan dipublikasikan disuatu official website atau bisa juga diwebsite share video seperti Youtube

Anime ONA biasanya bertujuan untuk promosi suatu produk, perayaan hari spesial, anniversary, melihat minat penggermar atau bisa saja hanya merupakan karya fans. Yah intinya Anime ONA ini adalah anime yang dapat dilihat dengan streaming di suatu website.
Salah satu contoh Anime ONA adalah Kyoukai no Kanata : Idol Saiban! Mayoi Nagara mo Kimi wo Sabaku tami.
Apa itu OVA, OAD dan ONA dalam Anime? Berikut Penjelasnya!

4. Anime Special
Selain Anime OVA, OAD dan ONA. Biasanya ada suatu Anime dengan Episode "Special". Nah Anime Special ini hanyalah memiliki durasi yang lebih singkat dibandingkan dengan episode biasa. Jalan ceritanya biasanya keluar dari jalan cerita asli dari anime tersebut. Dan ceritanya terkadang hanya untuk bersenang-senang atau lucu-lucuan.
Salah satu contoh untuk anime Special ini adalah anime One Punch Man Specials.
Apa itu OVA, OAD dan ONA dalam Anime? Berikut Penjelasnya!

Sekian penjelasan tentang artikel Apa itu OVA, OAD dan ONA dalam Anime? Berikut Penjelasnya!. Bagaimana? sudah cukup jelas bukan tentang semua jenis anime diatas? Jika masih belum, kamu dapat bertanya lewat kotak komentar dibawah.
Terima kasih. :)

0 Comments for "Apa itu OVA, OAD dan ONA dalam Anime? Berikut Penjelasnya!"