Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik? (Review)

06.14 0
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi

Di Indonesia sekarang para animelovers tengah memperdebatkan masalah mana yang terbaik di antara Anime Movie Kimi no Na Wa atau Koe No Katachi?. Kedua anime ini sama-sama membuat booming di Jepang bahkan dunia. Bahkan sangat sulit mendapatkan tiket nonton bioskop kedua anime ini pada hari-hari pertama rilis. Namun begitu Kimi no Na Wa masih memimpin pada penjualan tiket dan kepopulerannya. Tapi bagaimana dengan yang lainnya? Disini saya akan coba mereview mana yang terbaik antara Kimi no Na Wa Vs Koe No Katachi?

Sinopsis
Pertama kita mulai dengan sinopsis dari kedua anime ini.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?
Kimi no Na Wa : Mengetahui bahwa anime ini adalah karangan dari "Makoto Shinkai", pasti kita sudah tau bahwa ciri khasnya dalam setiap cerita animenya, yaitu kisah cinta yang sulit disatukan. Kimi no Na Wa sendiri berkisah tentang seorang pemuda yang bernama Taki yang tinggal di tengah kota Tokyo dan seorang wanita bernama Mitsuha yang tinggal disebuah desa terpencil. Suatu hari saat bangun tidur, tiba-tiba tubuh mereka bertukar, hal inipun membuat kehidupan mereka menjadi kacau karena harus menjalani kehidupan yang terbalik. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk mencatat setiap kegiatan yang mereka lakukan untuk menjaga kehidupan mereka masing-masing agar tidak kacau. Dari sinilah kisah mereka dimulai.


Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?
Koe no Katachi : Lalu untuk anime Koe no Katachi sendiri menceritakan tentang Shouya yang ketika dirinya menduduki bangku Sekolah Dasar (SD) sering membully kepada murid pindahan yang bernama Nishimiya Shouko yang ternyata mengidap tuna rungu (tuli). Bahkan bullyannya hingga membuat Shouko pindah lagi dari sekolah itu. Karena suatu insiden teman-teman Shouya mengetahui bahwa dirinya sering membully Shouko, hal itupun membuat teman-temannya balik membully Shouya hingga dirinya dikucilkan.
Setelah SMA Shouya mulai menutup hatinya dengan rasa bersalah yang ia pendam dari SD. Hingga suatu hari dirinya dipertemukan lagi dengan Shouko, pertemuan itulah yang membuat Shouya mulai berubah. Dan inilah kisahnya untuk menuju pada penebusan.

Dari segi sinopsis jujur saya lebih tertarik dengan sinopsis dari anime Koe no Katachi daripada Kimi no Na Wa. Karena saat saya membaca sinopsis dari anime Koe no Katachi rasa tertarik dan penasaran akan cerita selanjutnya muncul, bahkan saya berpikir bahwa sepertinya ini akan menjadi anime yang sangat bagus saat membaca sinopsisnya. Ya bukan berarti saat membaca sinopsis dari anime Kimi no Na Wa saya tidak tertarik lo ya, hanya saja sinopsis dari Kimi no Na Wa kurang membuat rasa penasaran saya muncul hehe.

Story / Jalan Cerita
Lalu untuk jalan cerita saya rasa Kimi no Na Wa memimpin, dari segi alur dan klimasknya Kimi no Nawa jauh lebih baik dibandingkan anime Koe no Katachi.
Anime Koe no Katachi memiliki alur yang sangat lambat, ya walaupun saya tau pendekatan Koe no Katachi lebih pada Dramanya di bandingkan Romance. Padahal pada saat saya mulai menonton Koe no Katachi, pembukaannya sangat-sangatlah bagus. Saat melihat Shouko masuk ke sekolah itu hingga pembully-an serta pindah sekolah lagi, saya semakin penasaran dengan kisah yang akan datang. Tetapi untuk jalan cerita yang cukup panjang (2 jam 10menit), pada pertengahan jalan cerita tidak ada klimak yang "wow" menurut saya dan sedikit membosankan. Tapi sedikit rasa bosan tadi dibayar lunas bahkan lebih saat klimaks pada ending anime ini muncul. Untuk anime dengan memfokuskan Drama, saya rasa Koe no Katachi sudah memberikan yang terbaik kepada penonton.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?

Sedangkan untuk Kimi no Nawa jalan alurnya lebih baik dari awal hingga ending tidak ada bagian yang membosankan menurut saya. Awal dari anime ini memfokuskan pada pengenalan dari masing-masing karakter yaitu Taki dan Mitsuha. Lalu setelah mencapai pertengahan munculah konflik serta beberapa misteri dari salah satu karakter. Jalan cerita disajikan dengan baik dan kita akan dibuat terhanyut dalam cerita , hingga mencapai ending kita akan dibuat terharu dengan klimaksnya. Overall untuk Story atau Jalan Cerita, Kimi no Na Wa masih lebih baik dari Koe no Katachi.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?

Animasi
Jika kita berbicara Animasi maka tidak bisa kita pungkiri lagi Kimi no Na Wa memiliki animasi yang sangat bagus bahkan saya nilai 10/10 untuk animasi dari Kimi no Na Wa. Makoto Shinkai sudah sangat terkenal dengan animasinya, seperti pada anime-anime movie sebelumnya (Byosoku 5cm, Kotonoha no Niwa) sudah terlihat jelas bagaimana animasi dari setiap animenya.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?
Namun walaupun demikian jangan anggap remeh animasi dari Koe no Katachi, Kyoto Animation sebagai studio yang menggarap anime ini tidak mau kalah dengan animasi yang mereka miliki. Benar saja saat saya menonton Koe no Katachi, saya cukup puas dengan art dari animasinya. Ya walaupun tidak "sesempurna" Kimi no Na Wa, tetapi Kyoto Animation dapat menunjukan bahwa animasinya tidak akan kalah dengan anime yang lainnya.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?

Karakter
Untuk karakter Koe no Katachi lebih memiliki beragam karakter dibandingkan dengan Kimi no Na Wa. Karakter dalam anime Kimi no Na Wa lebih berfokuskan pada karakter utama yaitu Taki dan Mitsuha, karakter supporting lainnya jadi seperti "redup". Desain karakter dari anime Kimi no Na Wa juga terkesan biasa saja untuk anime "Masterpiece", ya mungkin desain karakter dari anime Kimi no Na Wa sudah dimaafkan dengan art dari animasinya haha.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?
Berbanding terbalik dengan Anime Kimi no Na Wa, saat saya mengetahui bahwa studio Kyoto Animation yang akan menggarap animenya, saya kira desain karaktedari Koe no Katachi akan seperti anime-anime sebelumnya yang merupakan ciri khas dari KyoAni (seperti Hyouka, Amagi Brilliant Park, K-On dll). Ternyata KyoAni lebih memilih untuk mempertahankan desain yang sama seperti karya aslinya.
Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik?
Tidak hanya itu saja, seperti kata saya tadi karakter-karakter dari Koe no Katachi lebih beragam dan memiliki plot yang unik masing-masing. Karakter tidak hanya berfokus pada Shouya dan Shouko saja, tetapi karakter supporting juga memiliki "ceritanya".


Musik
Musik adalah bagian terbesar untuk memperkuat jalan cerita dari anime, apalagi anime dengan genre Drama. Kedua anime ini memiliki musik yang memperkuat story dari masing-masing anime. Tetapi Kimi no Na Wa lebih memiliki ragam musik dalam animenya, seperti instrumental setiap scene menggukanan instrumental yang berbeda. Sedangkan Koe no Katachi tidak memiliki banyak instrumental, musik dari Koe no Katachi mengikuti alurnya yang lamban. Tetapi meskipun demikian musik dari kedua anime ini sukses membuat kita lebih terhanyut pada story atau jalan cerita dari masing-masing anime tersebut.
Untuk Opening dan Ending, Kimi no Na Wa mempercayakannya pada "RADWIMPS" dengan lagu "Yume Touru" sebagai Opening dan "Nandemonaiya" sebagai ending. Namun tidak hanya kedua lagu itu saja yang RADWIMPS sumbangkan, masih ada Zen Zense dll. Untuk Koe no Katachi lagu Opening mereka mempercayakannya pada "The Who" dengan lagu berjudul "My Generation" dan Endingnya dinyanyikan oleh "aiko" dengan lagu berjudul "Koi wo Shita no wa". *btw kedua musik dari anime ini sukses membuat gw baper hehehe


Ending
Saya tidak mau Spoiler dengan ending dari kedua anime ini. Tetapi saya hanya akan menceritakan garis besarnya saja. Kedua anime ini memiliki ending yang sama, yaitu sama-sama "gantung" alies bikin penasaran, bahkan setelah selesai nonton animenya masih terasa penasarannya. Dan juga ending dari kedua anime ini sukses membuat saya ngefeel atau baper, mungkin penonton yang lain juga merasakan hal yang sama.

Overall kedua anime ini sama-sama bagus, yang membedakannya hanyalah kualitas. Jika saya harus memilih mana yang terbaik maka mungkin saya akan memilih Kimi no Na Wa, tapi bukan berarti saya mengatakan bahwa Koe no Katachi tidak bagus. Perbandingannya mungkin 9,5(KNN) : 8,5(KNK).
Dan juga setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda pula. Jika saya lebih memilih Kimi no Nawa sebagai yang terbaik dibandingkan Koe no Katachi, bagaimana menurut kalian? apakah sama atau berbeda? kita bisa bahas di kolom komentar :)
Sekian dari artikel tentang Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik? (Review) ini. Kunjungi terus Chocotales dan baca artikel-artikel animenya. Support juga kita dengan share dan like fanspage facebook kita. Terima Kasih :)

0 Comments for "Kimi no Na wa VS Koe No Katachi, Mana yang terbaik? (Review)"